Laman

Minggu, 13 Mei 2012

Klappertaart


Makanan Belanda yang sudah jadi ikon Manado. Duluu, duluu banget waktu kuliah, pernah "berniat" beli makanan ini, karna lagi ngetrend banget gitu loch, hihihi. Kebetulan pas lagi nge-date *syalalala* lewat sekitaran jalan Riau, kan banyak tuh yang jual klappy. Mampirlah kami ke salah satu toko, eeeh ada tester cyiin, tapi ini penampakannya kaya bolu gitu, dipotong-potong. Ternyata mereka jual dua versi, yang bisa dipotong sama yang harus disendokin, hahaha, yah begitulah kurang lebih. Tapi tester mah cuma ada yg versi potong, jadi nyobain aja deh wong haratis :D Sebenernya lupa rasanya gimana, hehe. Yang jelas waktu itu berpikir kayanya yang versi satu lagi lebih enak, disimpen di kulkas pula, kan dingin-dingin seger gt kali ya. Mlipir deketin kulkas, glek, mahal yaaa, huhu. Untuk kantong mahasiswa kemahalan, maklum dulu kan prihatin gak kaya sekarang banyak duit *gamparmukasendiri* :)) Intinya waktu itu ga jadi beli, hihihi, jadi ga tau rasanya kaya apa.

Nah terus kan sekarang hasrat baking dan bikin kue lagi bergejolak nih *lebay* jadi tiap weekend selalu pingin ber-me-time ria di dapur bikin yang aneh-aneh. Emang dasar ya udah keniatan bikin klappertaart, eh ada yang nyumbang tepung custard. Asiiik. Tapi syaratnya kudu bawa hasil jadinya ke kantor, aheuheu.

Resep Klappertaart Wilton
Dapetnya dari www.dapursolia.blogspot.com

Bahan :
1000 cc susu cair
250 gr Gula kastor
50 gr Tepung terigu
50 gr Tepung custard
50 gr Maizena
150 gr Mentega
6 btr Kuning telur; note by Riana: bisa ditambah max 3 btr
2 btr Kelapa muda; note by Shirley: tambah 1-2 butir lagi
100 gr Kenari panggang cincang
Kayu manis bubuk dengan takaran sesuai selera
Pasta Vanilla


Topping:
6 btr Putih telur
4 sdm Gula kastor
2 sdm Tepung terigu
Kismis direndam air hangat, peras
Kayu manis bubuk

Cara membuat:
Lapisan pertama
  • Panaskan 800 cc susu cair dan gula pasir
  • Larutkan tepung terigu, custard dan maizena dengan 200 cc susu cair, pastikan larut sempurna
  • Masukkan campuran susu dan tepung ke dalam susu panas, aduk terus sampai mengental dan meletup-letup.
  • Angkat dari api, masukkan mentega, aduk rata.
  • Masukkan kenari dan kayu manis bubuk dan pasta vanilla
  • Masukkan kuning telur satu persatu
  • Masukkan kerukan daging kelapa muda, aduk rata
  • Masukkan adonan ke dalam cup sampai ¾ tinggi. Bakar dengan cara ditim (au bain marie) selama 15 menit dengan suhu 160° sampai ½ matang.
Topping
  • Kocok putih telur dengan mixer, gula dimasukkan sedikit sedikit sampai kaku
  • Masukkan tepung terigu, aduk rata dengan spatula
  • Semprotkan topping keatas adonan ½ matang sampai cukup tinggi, taburi dengan kismis dan kayu manis bubuk (kerjakan ini dengan cepat karena oven tetap menyala saat topping ditambahkan)
  • Bakar lagi sampai toping berwarna kekuningan.


Dan ternyata rasanya enaaaak bangeeet, ga tau ini emang rasanya enak banget atau karena bikin sendiri jadi lebih enak *narsisssabiiiss* hahaha. Yah intinya mah enak bangeeedh, creamy, lembut banget di mulut. Apalagi kalo dimakan dingin-dingin, ada kelapa mudanya pula di dalamnya, yummeeyyy :D

Beberapa tips dari si saya :
* Pada saat memanaskan susu cair dan gula, pastikan campuran sudah benar-benar panas (ada buih2 di pinggirannya) sebelum memasukan larutan tepung. Kalo belum panas adonannya nanti ga bisa mengental (ini juga hasil browsing2, hehehe)
* Pada saat membuat larutan tepung, pastikan larut sempurna ya, jangan sampai masih ada yang bergerindil, nanti pada saat dipanaskan tambah parah gerindilannya. Caranya? Bisa dengan mengayak tepungnya terlebih dulu atau pada saat sudah jadi larutan, dituangkan dengan menggunakan saringan ke campuran susu panas,  jadi yang gerindil2nya ketahan saringan
* Baking yang pertama ga selalu 15 menit, tergantung suhu oven. Kalo saya kemarin sekitar 25 menit baru saya kasih topping. Diliat aja kalo warna permukaannya sudah sedikit lebih tua dr warna adonan, bisa langsung dikasih topping.
* Baking kedua tergantung juga waktunya, kemarin saya 25 menit juga.

Bikin klappy ini bisa pake pyrex, loyang alumunium foil yang besar atau juga bisa dibikin dalam bentuk cups. Karena ini jenis klappy yang kudu disendokin jadi kalo untuk dijadikan snack dalam sebuah acara lebih baik pake cups.

Gampang kan bikinnya? Kalau tidak mau repot bisa pesen aja ke saya, hehehe.. :P

Tidak ada komentar:

Posting Komentar