Laman

Rabu, 17 Oktober 2012

Resep : Green Tea Chilled Cheese Cake


Subhanallah, akhirnya bisa juga posting. Udah beberapa hari entah kenapa ga bisa upload foto ke blogspot dari kompi kantor, ini juga sebenernya masih belom bisa sih soalnya sekarang upload dari laptop di rumah, heuheu. I really don't know what's wrong with my office computer, my hubby said maybe it's because of the firewalls or something, but well I'm too lazy to find out :D

Waktu itu udah pernah posting soal chiskek ini, tapi cuma update orderan aja. Kali ini saya posting resepnya ya soalnya di FB banyak juga yang nanyain. Knapa ada embel-embel chilled di chiskek ini? Ya karena bikinnya cuma didinginin aja, jadi yang ga punya oven atau kukusan tetep bisa bikin ya. Asal punya kulkas dan mixer, kecuali kalo kuat ngocok pake whisker dan mau didinginin di cooler box, hehehe..

Di resep ini, seperti kebanyakan resep cake dengan filling mousse yang creamy teksturnya, ada penambahan gelatin. Gelatin ini fungsinya untuk memperkokoh adonan mousse, jadi pada saat cake nya dipotong fillingnya ga bakal berantakan dan tetep cantik slice-nya. Ada yang nanya bisa gak gelatinnya diganti agar-agar atau jelly, well sebenernya belom pernah nyoba jadi ga bisa jawab. Tapi dari hasil browsing katanya sih bisa diganti dengan perbandingan 4 lembar gelatin (10 X 23 CM) @ 2 - 2,5 G sebanding dengan 1 sdm (7 g) gelatin bubuk atau 2 sdt agar-agar. Temen saya ada yang nyobain pake agar-agar, ada yang sukses ada yang enggak, hehehe. Jadi ya kalo kata saya sih mending pake gelatin, lagian sekarang udah banyak kok gelatin yang halal, okeeey? 

Resepnya dapet dari mba Rachmah Setyawati dan saya modif sesuai bahan yang ada serta karakteristiknya *halah gayaaa* :)) Soalnya masing-masing merk bahan suka beda-beda rasanya. Kali ini saya pake cream cheese merk Calf karena hanya ini yang tersedia di kota saya. Calf rasanya lebih asin dari cream chesse merk lain misalnya Yummy Neufchatel atau Elle Viere makanya saya cuma pake 200 gr, di resep aslinya 250 gram. Whip toppingnya saya tambahkan jadi 300 gr untuk menambah jatah cream chesse yang tadi saya kurangin, di resep aslinya pake 260 gram.

Oh ya, soal penggunaan whip topping banyak juga yang nanya nih. Jadi whip topping itu semacam whip cream tapi non dairy, terbuat dari lemak nabati bukan lemak susu makanya disebutnya topping bukan cream *halah* Whip topping ini ada yang bentuknya bubuk dan cair. Yang bubuk banyak banget berseliweran di supermarket biasa, merknya antara lain Haan, Pondan, dll. Kalo yang bentuknya cair merknya Richs (ini doang yang saya tau) biasanya hanya dijual di TBK dan ga semua TBK punya, hiks. Untuk keperluan filling cake yang dairy lebih mantap soal rasa karena lebih creamy, tapi kurang stabil kalo untuk keperluan dekorasi. Jadi kalau mau dekor kue lebih baik pake yang non dairy ya biar stabil walaupun di suhu ruang. Dan jangan lupa whip topping rasanya sudah manis (kalo whip cream dairy plain), makanya diperhitungkan penggunaan gulanya yaa.

Kalau di resep pake whip topping yang cair dan kita punya yang bubuk gimana dong? Tenang tenang, hihihi, bisa dikonversi kok. Intinya jumlah krim bubuk dan airnya tetap harus sesuai resep pada akhirnya, dengan perbandingan krim bubuk dan air 1:2. 

Jadi yoks bikiiin, kasian saya udah bikin penjelasan panjang-panjang kalo akhirnya ga dibikin, hahaha :D

Green Tea Chilled Cheese Cake

Bahan :
200 gram biskuit oreo (krimnya tidak dipakai), hancurkan
80 gram unsalted butter, lelehkan

Mousse :
200 gram cream cheese, suhu ruang
70 gram gula pasir halus
1 sdm bubuk matcha, larutkan dalam 2 sdm air panas

12 gram gelatin bubuk, tambahkan 4 sdm air dingin, lalu tim sambil diaduk hingga benar2 larut. Jaga agar tetap hangat.

40 gram dark cooking chocolate, serut dengan parutan keju, simpan di kulkas hingga saat akan digunakan
300 gram whip topping non dairy, kocok hingga mengental

How to :
1. Campurkan oreo yg telah dihancurkan dengan butter cair, aduk rata lalu tata di dasar loyang bongpas ukuran diameter 20 cm..tekan2 hingga cukup padat lalu sisihkan dalam lemari es.

2. Kocok cream cheese dengan gula hingga gula larut sempurna, masukkan larutan green tea kocok lagi hingga rata. Masukkan larutan gelatin kocok lagi hingga rata. Matikan mixer.

3. Masukkan whipped cream secara bertahap, aduk rata di tiap penambahan.

4. Masukkan cokat serut lalu aduk rata. Tuangkan adonan mousse ke atas lapisan oreo yang sudah dimasukkan kulkas, ratakan permukaannya lalu masukkan kembali ke kulkas hingga set.

5. Siap dihidangkan dalam keadaan dingin. Yammeey.. :D

1 komentar: