Laman

Kamis, 07 Juni 2012

Healthy Homemade Granola Bars

Cukup stress juga *lebay* lihat perut suami yang semakin membuncit, heuheu. Padahal dia ngakunya sih ga terlalu banyak nyemil kalo di lagi di Bandung, banyak nyemilnya malah pas lagi di Cilegon. Saya kan jadi merasa bersalah ya karena terlalu banyak nyediain makanan enak, haha. Abis gimana ya wong kesempatan masakin suami cuma pas weekend doang, jadi segala dibikin dan segala disediain. Walopun kadang kalo lagi males akut tetep aja pas weekend juga si mba yang masak, sampe dipundungin sama yang saya bilang buncit tadi :p




Tiba-tiba jadi keingetan sama yang namanya granola. Waktu itu pernah liat ada temen posting suatu makanan bernama granola itu, atau sering juga disebut muesli. Granola merupakan menu sarapan atau camilan dari amerika utara yang terdiri dari oats, kacang, madu dan kadang-kadang juga menggunakan sereal beras yang kemudian dicampurkan dan dipanggang. Selama proses pemanggangan campuran ini harus diaduk sesekali agar tidak lengket satu sama lain. Buah-buahan kering seperti kurma dan kismis juga sering digunakan untuk memperkaya rasanya. Hmm, perpaduan yang sehat kan? Kacang-kacangan kaya akan fitosterol yaitu lemak yang baik untuk tubuh, ditambah oat yang banyak mengandung serat dan madu yang pastinya dong khasiatnya sudah tidak diragukan lagi *kaya ngiklan ya?* :)) Yang kali ini bakal saya bikin adalah granola bars, alias granola yang tidak diaduk-aduk pada saat pemanggangan, hihi, jadi setelah matang bakalan membentuk massa yang padat, kemudian dipotong-potong jadilah granola bars.

Yuks diintip resepnya yang saya dapet dari allrecipes.com, saya modif sesuai bahan yang ada :)

Granola Bars
by Asrie Asianto

Bahan :
3 cup oatmeal (saya pakai Quacker Oats Quick Cook)
1 cup almonda slice
3/4 cup wijen sangrai
1/2 cup kismis
1 cup madu
3 sdm margarine, lelehkan
2 sdm gula palem

Cara membuat : 
  1. Panaskan oven 175 derajat Celcius. Olesi loyang berukuran 28x28x4 cm dengan margarine, sisihkan.
  2. Campurkan oatmeal, almond, wijen, kismis dan gula palem lalu aduk rata.
  3. Tambahkan madu dan mentega cair, aduk rata hingga semua bahan kering menjadi lembab terkena cairan.
  4. Tuangkan campuran ke atas loyang lalu ratakan dan padatkan dengan menggunakan telapak tangan atau punggung sendok.
  5. Panggang selama 25-30 menit atau hingga matang (pinggiran berwarna coklat).
  6. Setelah matang lalu dinginkan hingga benar-benar dingin agar set.
  7. Potong-potong dengan pisau yang tajam menjadi batangan. Ukurannya jangan terlalu kecil ya, soalnya nanti malah hancur.
  8. Masukkan ke wadah rapat atau bungkus masing-masing dengan plastic wrap agar mudah dibawa ke mana-mana.



Rasanya enak banget buibuu. Saya ga berhenti nyemilinnya, merasa ga bersalah soalnya, hihi. Abriel pun sukaa banget, tiap kali liat toplesnya langsung deh ngoceh : mamam mamam. Sedangkan si targeted consumernya sendiri belom nyicipin soalnya belom pulang, huhu.Oh iya, sebenernya granola bar ini bisa dibikin suka-suka ya, ganti aja pakai bahan yang ada. Prinsipnya adalah 3 cup oatmeal ditambah 2-3 cup campuran apapun yang diinginkan, hihi. Bisa pake kacang mede, kacang tanah, kwaci, kacang kenari, kurma, buah prunes kering, dll sesuai selera. Kemarin yang saya bikin sepertinya kurang cairan, karena di resep aslinya menggunakan evaporated milk instead of honey sebanyak 1-3/4 cup, sedangkan saya pakai madu cuma 1 cup karena habis, hiks. Jadi bars nya kurang padet dan rapuh. Lain kali bikin lagi cobain bikin lagi ah dengan resep yang bener. 

Gimana mau coba? gampang kok bikin camilan sehat, ya nggak ya nggak? *winkwink*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar