Laman

Rabu, 23 Mei 2012

Floss Roll Bun


Gampangnya mah sebut saja Roti Gulung Abon :D 

Penasaraaan banget saya pingin bikin roti gara-gara di HHBF banyak yang pada bikin roti homemade, heuheu. Suka amazed sama diri sendiri deh, dulu mana pernah kepikiran bikin roti sendiri wong toko roti bertebaran di mana-mana. Tapi emang lagi terpapar virus baking jadi ajah semua pingin dicobain buat sendiri :D

Dan bikin roti emang penuh tantangan, soalnya ga punya heavy duty mixer, huhu. Menguleni sampai kalisnya itu loh, asli bikin keringetan *asin dong rotinya* :)) Tapi worth the result, begitu ngeliat adonannya kalis cantik, keluar dari oven dengan wangi, gampang digulung, dan setelah dirasain fluffy, empuk, dan abriel pun doyaann. Hoaaa, rasanya pingin joged2 :D

Baiklah, ini dia resepnya :

Floss Roll Bun
by Ricke Indriani di sini, belom dimodif soalnya first experience *wkwkwkw, ga penting*
Bahan :
200 gr tepung terigu protein tinggi (saya pakai cakra kembar)
50 gr tepung terigu protein sedang (saya pakai segitiga biru)
30 gr gula pasir halus (saya pakai gulaku bungkus hijau)
1 sdm susu bubuk full cream
6 gram ragi instant
2 butir kuning telur
100 ml air dingin (penggunaan bisa jadi lebih sedikit tergantung kelembaban terigu yg digunakan, tambahkan sedikit demi sedikit sambil diuleni, hentikan jika sudah dirasa cukup)
50 gram margarine (saya pake butter, suhu ruang)
1/4 sdt garam

Topping :
1 butir kuning telur
2 batang daun bawang, iris => saya ga pakai
Wijen sangrai secukupnya

Filling :
Mayonaise
Abon sapi/ayam

Cara membuat :
1. Campur terigu, ragi instant, gula dan susu bubuk, aduk rata. Masukkan telur, aduk rata kembali.
2. Masukkan air es sedikit demi sedikit sambil diuleni, hentikan penambahan air jika dirasa sudah cukup. Uleni sampai 1/2 kalis.
3. Masukkan butter dan garam. Uleni terus sampai kalis dan elastis. Permukaan adonan licin dan adonan tidak mudah sobek jika dibeberkan tipis. Tempatkan dalam wadah, tutup dengan plastik wrap atau serbet lembab. Istirahatkan selama 40 menit atau sampai adonan mengembang 2x lipat.
3. Kempiskan adonan, gilas tipis menjadi bentuk kotak ukuran 30x30 cm. Tempatkan dalam loyang ukuran 30x30x3 cm yang sudah diolesi margarin (seperti loyang bolu gulung, saya tadi pake yg ukuran 28x28x4 jadi lebih tebal rotinya) . Tusuk-tusuk di beberapa tempat dengan menggunakan garpu agar adonan tidak mengangkat saat dipanggang. Istirahatkan lagi selama 15 menit.
4. Olesi permukaannya dengan kuning telur, taburi wijen dan daun bawang.
5. Panggang dalam oven suhu 180'C selama 15 menit. Jika ada api atas, 3 menit terakhir nyalakan api atas agar warna permukaannya kecoklatan. Jika menggunakan oven tangkring, taruh loyang di rak paling atas.
5. Keluarkan dari oven. Siapkan kertas roti dg ukuran lebih besar dari loyang, balik roti diatas kertas roti. Oles dengan mayonaise, beri abon. Gulung perlahan sambil dipadatkan (gunakan kertas roti sebagai alas tangan saat menggulung). Diamkan sebentar. Potong menjadi 5 bagian. 
Note : 
  • Kalo mau bikin roti, terutama untuk pertama kali, carilah waktu yang luang. Jangan kaya saya pagi-pagi di hari kerja, hahaha. Jadinya ngos-ngosan deh #fiuuh
  • Saya tadi cuma 3 menit terakhir pake api atas jadi kurang coklat, mungkin harus diperlama atau tergantung oven masing-masing yaa.. :D Tapi totalnya kudu tetep 15 menit, soalnya kalo kelamaan dipanggang katanya rotinya akan menjadi terlalu kering dan susah digulung, nanti hasilnya akan retak-retak. 
Biar lebih cantik setelah dipotong-potong, olesi lagi pinggirnya dengan mayonaise lalu taburi lagi dengan abon, jadi hasilnya cantik dan lebih yummey :D Kalo saya mah ga sempet, kan tadi udah dibilang buru-buru, hehehehehe :p

Tidak ada komentar:

Posting Komentar