Laman

Selasa, 03 Juli 2012

Tiramisu for Ayah ^o^

Alhamdulillah kesampaian juga bikinin tiramisu buat ultah ayah kali ini. Sempet nanya juga sama ybs mau dibikinin apa, walopun udah tau jawabannya gak bakal jauh-jauh dari yang berbau kopi, hehe. Sebenernya ultah ayah tanggal 2 Juli, tapi karena jatuhnya hari Senin, which means ayah lagi di Bandung, makanya dibuat sebelumnya pas hari Minggu. Rame banget pas bikin secara ditontonin sama yang ultah, pleus si enin lagi mampir ke Cilegon. Enin sampai amazed karena skarang anaknya bisa bikin kaya beginian, mulai dari roti ampe bikin cake lengkap dengan dekorasinya, hahaha. The power of passion maaammm :D

So here it is, Decorated Tiramisu for Ayah's Birthday :


Resepnya tentu saja pakai resep NCC, hehehe. Silahkan bagi yang mau mencoba, walaupun resepnya sudah bertebaran di internet saya tulis lagi ya biar afdhol :)

Tiramisu Cake

Sponge Cake Coklat 
Bahan :
8 butir telur
60 gr coklat bubuk
40 gr maizena
100 gr terigu protein sedang
1 sdm (15 gr) emulsifier
100 gr mentega, lelehkan
200 gr gula pasir
1/4 sdt vanilli

Cara membuat:
  1. Olesi loyang bundar diameter 25 cm tinggi 7 cm dengan mentega, lalu taburi coklat bubuk tipis-tipis saja di seluruh permukaannya. Panaaskan oven dalam suhu 180 derajat celcius.
  2. Campur terigu, coklat bubuk dan maizena, aduk rata, sisihkan.
  3. Kocok telur, gula hingga setengah mengembang kemudian masukkan emulsifier, kocok kembali hingga mengembang dan kental.
  4. Masukkan campuran tepung sambil diayak, aduk balik hingga tercampur rata. Masukkan mentega leleh, aduk balik hingga rata.
  5. Tuang dalam loyang. Oven dengan suhu 180'C selama 30 menit atau hingga matang (cek dengan tes tusuk). 
  6. Keluarkan dari oven, balikkan cake lalu dinginkan. Jika tidak langsung digunakan, bungkus dengan plastic wrap lalu simpan dalam kulkas.
Tiramisu Mousse
Bahan :
250 gr keju mascarpone
300 ml whipped cream
100 gr gula halus
112 sdt essence vanilli
4 butir kuning telur
50 gr gula castor

Cara membuat :
  1. Keluarkan keju mascarpone dari kulkas, lalu diamkan hingga mencapai suhu ruang. Kocok keju mascarpone dengan menggunakan whisker saja hingga lembut dan tidak ada lagi gumpalan, sisihkan.
  2. Siapkan mangkuk stainless dan pengocok mikser, simpan dalam freezer selama beberapa menit. Gunakan mangkuk dan pengocok dingin ini untuk mengocok whipped cream dan gula bubuk hingga kental dan kaku. Hal ini dilakukan karena whipped cream akan mengental dengan sempurna dalam keadaan dingin. Bisa juga dilakukan dengan cara mengocoknya di atas mangkuk lain yang berisi es batu, sehingga suhu dinginnya stabil. Simpan kocokan whiped cream ini di dalam kulkas hingga akan digunakan.
  3. Dalam mangkuk stainless lainnya, kocok kuning telur bersama gula dan vanilli hingga mengental, kemudian lanjutkan mengocok di atas air mendidih (kemarin saya mendidihkan air dalam panci yang lebih kecil dari mangkuk stainlessnya, jadi pada saat akan mengetim kuntel pancinya saya angkat dari atas kompor, kemudian saya simpan mangkuknya di atas panci tsb, sehingga kuntel akan terkena uap panas dr air).

Sirup Kopi
Bahan :
2 sdm kopi instant, cairkan dengan 150 ml air hangat
1 sdm gula pasir

Garnish :
250 ml whipped cream
Coklat bubuk
 
Penyelesaian :
  1. Siapkan sponge cake yang telah dibuat, belah menjadi tiga lapisan. Agar mudah membelahnya sebaiknya cake dalam keadaan dingin, ini akan mengurangi remahan saat dibelah. Gunakan pisau bergerigi dan lakukan pemotongan dengan gerakan gergaji.
  2. Perciki lapisan sponge cake pertama dengan sirup kopi, lalu olesi dengan sebagian tiramisu mousse.
  3. Simpan di atasnya sponge cake ke-2, perciki dengan air kopi, lalu olesi kembali dengan tiramisu mousse.
  4. Letakkan cake yang terakhir, lalu olesi dengan sisa tiramisu mousse.
  5. Taburkan coklat bubuk di seluruh permukaan cake.
  6. Siapkan whipped cream dan ornamen coklat, hias sesuai selera :)

Hueboooh sm si bocil yang pengen nguyek2 kuenya, heuheu :D



Tidak ada komentar:

Posting Komentar