Laman

Kamis, 12 Juli 2012

Green Tea Mochi


I'm in love with matcha powder, hehe. Matcha powder atau bubuk teh hijau ini lagi bikin saya ketagihan. Awalnya kenal gara-gara minum green tea shake yang ada di PH, aiiih enak bener rasanya. Sensasi pahit dan aroma teh nya bener-bener nikmat. Terus sering lihat juga orang-orang yang bikin variasi makanan pake green tea ini, mulai dari tiramisu green tea, lapis surabaya green tea, dan tentunya green tea mochi ini. Yups, saya juga penggemar berat mochi. Waktu itu pas lagi di Bandung pernah nemu booth yang jualan mochi dengan berbagai rasa dan ngerasain yang green tea ini. Jauh beda sama mochi yang biasa jadi oleh-oleh dan dikemas dalam kotak anyaman bambu, itu mah kecil-kecil banget dan suka keras. Kalo yang dijual si booth itu besar, kenyal daaan mahalll, wkwkwkwk. So, bikin sendiri aja yuuks ;)


Resepnya udah saya simpen dari lama banget, tapi baru kesampaian bikin sekarang. Dapatnya dari www.sajiansedap.com, tapi di resep aslinya ga pake green tea tapi pake pasta pandan. Jadi saya modifikasi sesuai keinginan. 

Green Tea Mochi with Mung Bean Filling
by Asrie Asianto

Kulit :
50 gram gula pasir, larutkan dalam 20 ml air panas
1/2 sdm matcha powder (bubuk teh hijau) dalam 25 ml air panas
75 ml air
Sedikit garam
100 gr tepung ketan putih
15 gram margarine

Isian :
50 gr kacang hijau kupas, rendam 2 jam
100 ml santan dr 1/4 butir kelapa
Sedikit garam
25 gr gula pasir
1/4 sdm matcha powder

Bahan pelapis :
25 gr tepung maizena, sangrai 5 menit dengan api kecil

Cara :
1. Isi : kukus kacang hijau hingga empuk, sekitar 30 menit. Lalu blender dengan santan hingga lembut. Tambahkan matcha, garam dan gula pasir, lalu masak sambil diaduk hingga kalis. Tunggu dingin, lalu bentuk bola-bola, sisihkan.
2. Campurkan sirup gula, larutan teh, garam dan air aduk rata. Tuang ke dalam tepung ketan, aduk rata lalu saring. Tuang ke dalam pinggan tahan panas lalu kukus selama 20 menit (jangan lupa tutup panci ditutup dengan serbet). Angkat dan dalam keadaan masih panas kocok dengan mikser spiral sambil ditambahkan margarine hingga kalis. Biarkan hangat.
3. Ambil 1 sdm makan adonan, jatuhkan di tepung maizena (agar tidak lengket di tangan ketika membulatkan). Pipihkan adonan, isi dengan bola kacang hijau, bulatkan kembali. Gulingkan ke tepung maizena lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar