Laman

Senin, 06 Agustus 2012

Sambal Udang


Keliatan sangat lezat kaan? Hihi *narsisdulu* Emang enaaak banget, terutama yang suka pedes kaya saya dan keluarga saya. Kayanya tiap hari harus selalu ada menu pedas di atas meja. Biasanya saya bikin sambal udang dengan resep andalan mama saya yang menggunakan udang yang kecil-kecil dan bumbu yang buanyak. Selalu tandas tentunya karena kita ga pernah rela ada sisa bumbu tersisa jadi kami taruh nasi dan aduk bersama bumbunya, hehehe. 

Tapi kali ini pingin nyoba rasa lain jadi googling lah saya dan nemu resep ini di detikfood.com. Karena menggunakan double bumbu alias yang dihaluskan dan diiris saya yakin rasanya pasti lebih maknyus. Udang yang dipakai pun yang ukuran sedang, tapi digoreng dulu. Kebetulan suami emang ga suka olahan udang kalo udangnya tidak kering. :D Resepnya saya buat lebih pedas karena kalo enggak pedas nanti didemo sama yang makan, heuheu. Di resep aslinya juga harusnya pakai pete tapi gak nemu di mana-mana jadi saya skip aja, hiks. Kata pak bos sambel udangnya juaraaaa, hihi, merem melek deh yang bikinnya dipuji kaya gitu :))


Sambal Udang
Source : detikfood

Bahan :
500 gr udang ukuran sedang
4 butir bawang merah
2 butir bawang putih
3 buah cabai merah keriting
1 sdm air jeruk nipis

Bumbu halus:
5 buah cabai merah keriting
15 buah cabai rawit merah
4 butir bawang merah
2 butir bawang putih
1 sdt terasi
1 sdt garam
1/2 sdt gula pasir

Cara membuat :
1. Kupas udang, sisakan ekornya
2. Goreng udang dengan minyak panas hingga kecoklatan, angkat, sisihkan
3. Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum, masukkan cabai iris, aduk hingga layu.
4. Masukkan bumbu halus, aduk hingga matang
5. Masukkan udang goreng aduk hingga mendidih.
6. Tambahkan air jeruk nipis, aduk rata. Angkat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar