Laman

Kamis, 31 Mei 2012

Fudgy Raisin Brownies



This very fudgy brownies taste like real chocolate in every bite :D

Kemarin malam tiba-tiba pengen banget makan brownies, eitts ga ada hubungannya sama ngidam ya, haha. Sampai makan malem pun ga selera karena udah keburu pengen makan brownies :p Akhirnya berbekal resep bukde Martha Stewart *sok kenal* saya pun masuk dapur jam 9, browniesnya mateng jam 10. 30 karena lumayan lama bakingnya sekitar 50 menit. Baru bisa dipotong dan diicip jam 11, huaaa sungguh penantian yang panjang ya sodara-sodara. Tapi terbayar lunassss, enaaaaak bangeeeet. Semerbak harum coklatnya sampe ke kamar depan, ajip banget dah malem-malem makan brownies fresh from my own oven *bukan oven tetangga ya* hihihi.



So here's the recipe dari webnya si bukde Martha, banyak buanget resep brownies berseliweran di sana, tinggal dipilih dipilih. Yang ini saya modif dikit sesuai kebutuhan dan ketersediaan bahan baku dan alat *halah* dan tentu saja tak perlu pakai mixer, cukup whisker sajah.

Fudgy Raisin Brownies

Bahan :
80 gr unsalted butter
150 gr DCC, cincang kasar
175 gr gula pasir
3 butir telur
85 gr tepung terigu serbaguna
20 gr coklat bubuk
1/2 sdt garam
1/2 cup kismis, rendam air hangat, tiriskan

Cara membuat :
  1. Panaskan oven 180 derajat celcius. Olesi loyang brownies ukuran 30x10x4 cm dengan mentega, lapisi dengan kertas roti, olesi mentega kembali. Kertas rotinya ukurannya dilebihkan sedikit ya supaya nanti gampang mengeluarkan brownies dari loyangnya, tinggal ditarik kertasnya.
  2. Lelehkan butter dan DCC dengan cara ditim, masukkan gula lalu aduk hingga rata.
  3. Masukkan telur ke dalam lelehan coklat, aduk hingga rata.
  4. Campurkan tepung terigu, coklat bubuk dan garam yang sudah diayak terlebih dulu.
  5. Masukkan ke dalam adonan coklat, aduk hingga rata tapi jangan overmix ya, hanya sampai tepung sudah tertutup adonan coklat saja.
  6. Dalam wadah kecil berisi kismis, taburkan sedikit terigu lalu aduk hingga kismis terlapisi oleh terigu (ini gunanya agar kismis tidak tenggelam saat dipanggang)
  7. Masukkan kismis ke dalam adonan, aduk rata.
  8. Tuangkan adonan ke dalam loyang, panggang selama lk 50 menit atau hingga matang (pada saat dites tusuk tidak ada adonan menempel di tusukan) dan terbentuk shiny crust di permukaan brownies.
  9. Keluarkan brownies dari oven lalu dinginkan sekitar 30 menit. 
  10. Keluarkan dari dalam loyang, lalu potong-potong sesuai selera :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar