Laman

Minggu, 23 September 2012

Raisin Shortbread



Ya ya ya, pasti banyak yang nanya makanan apalagi ini, hehehe. Yang pasti rasanya enaaak bikinnya pun gampang. Ga perlu gilas-gilas adonan, atau nyetak-nyetak, atau nyendok-nyendok atau apapun yang bikin saya keringetan saking stress :D Adonan shortbread ini setelah siap cukup diteken-teken supaya menuhin loyang, kasih goresan untuk nandain tempat motong (nanti setelah matang) terus oven deh. Kalo udah dingin tinggal motong sesuai pola jadi deh bisa masuk toples. Lumayan lah nambah perbendaharaan camilan. 

Kalo kata mba Stephanie Jaworsky dari Joy of Baking, shortbread ini asalnya dari Scotlandia, sebenernya sih biskuit tapi dengan rasa butter yang kentara. Makanya beliau nyaranin kalo mau bikin shortbread pilihlah butter dengan kualitas bagus dijamin bakalan puas sama hasilnya. Tapi saya kemarin pake butter abal-abal, temennya si chef abal2 Ika Rahma dari Dapur Hangus. Well, not totally gitu juga sih *apa sih gueee?* Jadi pernah baca soal BOS alias Butter Oil Substitute di sono, BOS ini bisa buat bikin kue yang walopun ga pake butter tetep ada aroma butternya gitu. Pasti bahan ini tercipta karna banyak emak2 yang hobi bikin kue tapi tetep pengen ngirit termasuk saya. BOS ini kayanya tetep margarine deh which means kurang sehat tapi ya wong buat makan sendiri gpp lah ya da gak sering-sering juga. Saya biasanya save butter untuk pesanan aja soalnya kan kalo pesanan budget butter jatuh ke tangan pembeli, wkwkwkwk. Kali ini saya pake yang merk BlueBand karena doi baru ngeluarin varian baru khusus untuk Cake and Cookies dan saya dengan semena-mena menyimpulkan bahwa produk ini semacam BOS itu juga :D

Silahkan dicoba yaaa resepnya :)

Raisin Shortbread
Source : Joy of Baking

Bahan :
226 gr butter
1 sdt ekstrak vanilla
120 gr gula halus/gula tepung
325 gr terigu serbaguna
1/2 sdt garam
260 gr kismis (saya cuma pake segenggam, ngirit, hehehehe)

Egg wash :
1 buah telur, kocok lepas

How to :
  1. Panaskan oven suhu 180 dercel dan olesi loyang ukuran 23x33 cm dengan butter atau minyak. Saya pakai loyang ukuran 26x26 karna ini maksimum yang masuk ke oven saya, heu. 
  2. Kocok butter dengan vanilla hingga lembut dan creamy lalu tambahkan gula, lanjutkan mengocok hingga ringan dan mengembang. 
  3. Di mangkuk lain campurkan tepung dengan garam lalu aduk rata. Masukkan campuran ini ke kocokan butter lalu kocok kembali hingga membentuk adonan.
  4. Bagi dua adonan tadi lalu padatkan setengah bagiannya hingga memenuhi dasar loyang. Lalu taburkan kismis di atasnya, tekan2 sedikit agar kismis nempel di adonan bawah.
  5. Ambil setengah adonan sisa lalu padatkan lagi di bagian atasnya hingga menutupi semua kismis. Kalo kismisnya ada yg nongol2 ya gapapa kan biar eksis :D
  6. Olesi seluruh permukaan dengan egg wash. Lalu buat guratan dengan ujung pisau untuk menandai tempat memotong (jangan sampai tembus ya cukup di permukaannya saja, biar gampang dipotongnya nanti)
  7. Panggang selama 30-40 menit hingga kuning keemasan. Keluarkan dari loyang, biarkan dingin lalu potong-potong sesuai tanda.

4 komentar:

  1. Arida aku mau bikin iniiii... Pantes ya aku diomongin di sini. Ihh....suka gitu kalo ngefans mah :p

    BalasHapus
  2. iiih idolaku komeennn... *melayang di udara* :))

    aku ngomongin biar ikutan beken gitu ganti..sok dicoba ka, gampang dan enaaak...siapa tau dikasi emas warisan sm mertua kalo udh nyicip ini, hihihih...

    BalasHapus
  3. gimana gimana? enak kaaaannnn? huhuyyy...

    BalasHapus